LAPOR PAK 129
- Kamis, 14 April 2022
APA ITU LAPOR PAK 129?
Suatu bentuk layanan perlindungan anak berupa akses telepon bebas pulsa lokal (telepon rumah/kantor) untuk anak yang membutuhkan perlindungan atau berada dalam situasi emergensi/kegawat daruratan maupun anak yang membutuhkan layanan konseling.
LAPOR PAK bertujuan untuk melindungi hak-hak anak dan memastikan adanya akses untuk mendapatkan pelayanan berkualitas yang dapat mendukung tumbuh kembang anak secara wajar.
Layanan yang diberikan oleh LAPOR PAK antara lain Pengaduan, Konseling/Konsultasi, dan informasi kepada masyarakat untuk upaya preventif.
Permasalahan yang ditindaklanjuti LAPOR PAK antara lain:
- Anak yang dihambat dalam pemenuhan hak-haknya (hak hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan dan hak berpartisipasi)
- Anak yang mengalami perlakuan salah
- Anak yang menjadi korban perdagangan manusia
- Anak dengan kemampuan khusus
- Anak yang menjadi pecandu Napza
- Anak yang tinggal dalam suatu institusi
- Anak yang berkonflik dengan hukum
- Anak yang mengalami gangguan jiwa
- Anak yang tertular HIV/AIDS
- Anak yang terkena dampak konflik dan bencana alam
- Anak yang menjadi pengungsi politik
- Anak yang keluarganya berada dalam situasi krisis
- Anak yang membutuhkan perawatan dan perlindungan
Azas Layanan LAPOR PAK 129
- Nondiskriminasi, tanpadibedakan jenis kelamin, agama, suku, kebangsaan,dan status sosial
- Mengupayakan kepentingan terbaik bagi anak
- Menghormati pandangan anak, dengan memperhatikan usia dan kematangan anak serta dengan mendorong, memberikan kesempatan dan melibatkan anak dalam berpartisipasi disetiap proses kegiatan layanan serta menumbuhkan tanggungjawab anak dalam memecahkan masalah
- Mengutamakan hak anak akan kelangsungan hidup dan tumbuh kembang
- Kerahasiaan, semua informasi anak merupakan dokumen rahasia yang tidak boleh disebarluaskan pada orang lain yang tidak berkompeten