LAPOR PAK 129

  • Kamis, 14 April 2022

APA ITU LAPOR PAK 129?

Suatu bentuk layanan perlindungan anak berupa akses telepon bebas pulsa lokal (telepon rumah/kantor) untuk anak yang membutuhkan perlindungan atau berada dalam situasi emergensi/kegawat daruratan maupun anak yang membutuhkan layanan konseling.

LAPOR PAK bertujuan untuk melindungi hak-hak anak dan memastikan adanya akses untuk mendapatkan pelayanan berkualitas yang dapat mendukung tumbuh kembang anak secara wajar.

Layanan yang diberikan oleh LAPOR PAK antara lain Pengaduan, Konseling/Konsultasi, dan informasi kepada masyarakat untuk upaya preventif.

Permasalahan yang ditindaklanjuti LAPOR PAK antara lain:

  1. Anak yang dihambat dalam pemenuhan hak-haknya (hak hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan dan hak berpartisipasi)
  2. Anak yang mengalami perlakuan salah
  3. Anak yang menjadi korban perdagangan manusia
  4. Anak dengan kemampuan khusus
  5. Anak yang menjadi pecandu Napza
  6. Anak yang tinggal dalam suatu institusi
  7. Anak yang berkonflik dengan hukum
  8. Anak yang mengalami gangguan jiwa
  9. Anak yang tertular HIV/AIDS 
  10. Anak yang terkena dampak konflik dan bencana alam
  11. Anak yang menjadi pengungsi politik
  12. Anak yang keluarganya berada dalam situasi krisis
  13. Anak yang membutuhkan perawatan dan perlindungan

Azas Layanan LAPOR PAK 129

  1. Nondiskriminasi, tanpadibedakan jenis kelamin, agama, suku, kebangsaan,dan status sosial
  2. Mengupayakan kepentingan terbaik bagi anak
  3. Menghormati pandangan anak, dengan memperhatikan usia dan kematangan anak serta dengan mendorong, memberikan kesempatan dan melibatkan anak dalam berpartisipasi disetiap proses kegiatan layanan serta menumbuhkan tanggungjawab anak dalam memecahkan masalah
  4. Mengutamakan hak anak akan kelangsungan hidup dan tumbuh kembang
  5. Kerahasiaan, semua informasi anak merupakan dokumen rahasia yang tidak boleh disebarluaskan pada orang lain yang tidak berkompeten